1) Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran ?
1. Konsep Prduksi
Konsep ini menegaskan bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah.
2. Konsep Produk
Konsep ini menegaskan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan ciri-ciri yang paling bermutu, berkinerja/inovatif.
3. Konsep Penjualan
Konsep ini mengansumsikan bahwa para konsumen umumnya menunjukkan penolakan pembelian sehingga harus di bujuk untuk membeli.
4. Konsep Pemasaran
Konsep ini menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasional yang di tetapkan adalah perusahaan harus menjadi lebih efektif di bandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan dan mengonsumsikan nilai pelanggan kepada pasar terpilih.
5. Konsep Pemasaran Masyarakat
Konsep ini menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat dari pasar sasaran dan memberi kepuasan yang diinginkan secara efektif dan efesien di banding pesaing dengan tetap memelihara/meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan konsumen.
2) Sebutkan dan jelakan beda pemasaran dan pasar ?
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa
3) Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep pemasaran ?
Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan untuk manusia sehingga dapat mencapai kesejateraan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang di harapkan dapat di penuhi sehingga manusia merasa lebih sejahtera dalam kehidupannya, dan walaupun tidak dapat di penuhi tidak mengganggu tujuan hidup manusia.
4. Jelaskan dengan singkat apa yang di maksud dengan “marketing mix” ?
Marketing mix merupakan kombinasi dan empat variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan dan dapat dikendalikan oleh perusahaan seefektif mungkin.
Variabel-variabel tersebut dapat dikelompokkan menajdi empat kelompok utama yang dikenal dengan 4 p’s yaitu :
a. Product (Produk)
b. Price (Harga)
c. Promotion (Promosi)
d. Place (Tempat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar